Biaya Royalti Paten Smartphone Capai $120

Tahukah Anda bahwa 30 persen dari harga yang Anda bayar untuk smartphone baru merepresentasikan biaya untuk mendapatkan lisensi menggunakan teknologi yang dipatenkan?

Joe Mueller dan Tim Syrett menulis paper berjudul "The Smartphone Royalty Stack: Surveying Royalty Demands for the Components Within Modern Smartphones." Laporan ini ditulis bersama dengan wakil presiden Intel dan Associate General Counsel Ann Armstrong.

Menggunakan informasi-informasi yang dipublikasikan, diketahui bahwa $120 dari biaya $400 untuk sebuah smartphone digunakan untuk membayar royalti ke pemegang paten. Harga smartphone rata-rata pada akhir tahun 2012 adalah $450, belakangan ini menurun jadi $375.

Paper itu menunjukkan bahwa manufacturer smartphone membayar $60 untuk hak penggunaan komponen yang mendukung LTE. Prosesor yang digunakan untuk menjalankan fungsi selular hanya $10 sampai $13. Paper itu juga menjelaskan mengenai "royalty stacking", di mana sejumlah perusahaan berbeda mengambil biaya untuk setiap perangkat. Ini dapat membuat harga produk menjadi sangat tinggi.

Semoga saja terdapat persetujuan-persetujuan baru yang akan menurunkan biaya untuk lisensi paten seperti ini. Jika tidak, biaya lisensi paten akan terus meningkat, akibatnya kita sebagai pembeli perlu mengeluarkan uang yang terlalu tinggi.