Darma: Bantal Duduk Pintar (Smart Cushion)

Darma smart cushion ini merupakan bantal duduk yang dapat mengawasi denyut jantung, pola bernafas, dan postur duduk; lalu melaporkannya ke smartphone milik Anda melalui Bluetooth.

Akan tetapi terdapat perbedaan dengan bantal-bantal duduk lainnya, jika bantal duduk lain bertujuan agar nyaman digunakan untuk waktu yang lama, lain halnya dengan Darma, bantal ini justru memiliki tujuan agar Anda tidak duduk terlalu lama. Dengan menggunakan built-in sensor, bantal ini dapat mendeteksi jika Anda telah duduk terlalu lama atau memiliki postur duduk yang tidak baik, yang dapat membuat punggung Anda sakit.

Darma akan membenarkan Anda dengan memberikan notifikasi, seperti berdiri, renggangkan tubuh, jangan bungkuk, dan jangan stress. Bantal duduk ini juga dapat membuat laporan bagaimana Anda duduk sepanjang waktu.

Darma menggunakan baterai yang terdapat di dalam bantalan tersebut, baterai ini dapat tahan selama sebulan setelah dicharge sampai penuh. Meski saat ini hanya mendukung iOS, app versi Android juga sudah direncanakan untuk di kemudian hari.

Smart cushion ini akan siap untuk kampanye Kickstarter bulan Juni mendatang. Bantal ini diduga memiliki harga jual $250 (sekitar 2,5 juta rupiah), tapi early backers di Kickstarter akan mendapat diskon sebesar $100.

sumber: Darma via Engadget