Windows Gratis untuk Handphone dan Tablet


Microsoft membuat Windows menjadi gratis untuk handphone dan tablet dengan layar lebih kecil dari 9 inci. Keputusan ini dirancang agar dapat membantu pangsa pasar Microsoft. Pengumuman ini datang berbarengan dengan rencana untuk membuat developer dapat mengembangkan aplikasi yang dapat bekerja pada perangkat apapun yang menjalankan software Windows, yakni Windows Phone dan Windows. Fitur ini akan dimiliki Windows 8.1 dam Windows Phone 8.1.

Terdapat percobaan yang dilakukan oleh Microsoft untuk menyediakan versi Windows gratis/murah yakni "Windows 8.1 with Bing", yang ditargetkan untuk para pengguna Windows 7. Diduga bahwa ini adalah hasil dari usaha tersebut. Microsoft menyebut versi baru tersebut "Windows for Internet of Things", dan diberi Office 365 gratis selama setahun.

Microsoft belakangan ini melakukan potongan harga untuk lisensi Windows 8.1 sebanyak 70% untuk pembuat PC, potongan harga ini dilakukan karena terdapat tablet murah dan Google Chromebook yang dijual dibawah harga $250. Sebelumnya Microsoft meminta $80 per lisensi Windows 8.1.

Sumber: The Verge