Android 4.x Jauh Lebih Stabil Dibanding iOS 7.1

Banyak yang berpikir bahwa Android sangat sering crash dan iOS sangat stabil, akan tetapi muncul fakta baru yang menyatakan sebaliknya. Sebelumnya Crittercism menyatakan bahwa iOS 7.1 merupakan versi iOS yang paling stabil sampai saat ini. Akan tetapi, setelah perusahan tersebut mengungkap angka kestabilan untuk Android, versi iOS 7.1 tidak lagi tampak hebat.

Crittercism melakukan penelitian dengan memproses lebih dari 30 ribu request per detik secara real-time dari lebih dari 1 milyar pengguna. Penelitian ini memperhitungkan OS, hardware, keresponsifan, dan waktu uptime aplikasi. Mereka menemukan bahwa iOS 6 crash 2,5% dari keseluruhan waktu, iOS 7 lebih baik dengan 2,1 persen, dan iOS 7.1 adalah versi yang paling stabil dengan hanya 1,6%. Akan tetapi Android jauh lebih stabil dengan Gingerbread (2,3) pada 1,7 persen, dan semua versi 4.0 keatas memiliki persentase crash serendah 0,7%. Artinya iOS 7.1 crash dua kali lebih banyak dibandingkan dengan Android versi 4.0 keatas.

Untuk Android dan iOS, keduanya memiliki handphone-handphone yang lebih stabil dibanding dengan tablet-tablet. Akan tetapi penelitian tersebut menyatakan bahwa masih terdapat ruang untuk penyempurnaan bagi Android, karena banyak developer tidak mengoptimalkan dengan benar aplikasi-aplikasi mereka untuk tablet, optimalisasi akan menurunkan frekuensi crash yang ada saat ini.

Dilihat dari perangkat-perangkat yang ada, Samsung memiliki persentase crash yang paling rendah bagi handphone maupun tablet dalam ekosistem Android. Yang mengherankan adalah iPhone 5 memiliki persentase crash yang lebih rendah dibandingkan dengan iPhone 5s, yakni 1,7% untuk iPhone 5 dibanding 2,0% pada iPhone 5s.

sumber: crittercism