Google Mengutuk Operasi Rahasia Hollywood

Setelah sejumlah dokumen rahasia di-hack oleh kelompok dengan nama Guardians of Peace (GOP), terungkap bahwa Sony dan perusahaan-perusahaan media lain berusaha untuk me-legal-kan tindakan-tindakan anti pembajakan yang keras. Sepertinya Google mengutuk tindakan tersebut.

Google menyatakan di blog milik mereka, "Kami sangat khawatir mengenai laporan-laporan terkini yang muncul mengenai tindakan diam-diam yang dilakukan oleh Motion Picture Association of America (MPAA) untuk membangkitkan legislasi SOPA dengan menggunakan cara non-legislatif".

Sony dan anggota MPAA lainnya mengikuti operasi yang dinamakan "Project Goliath", tindakan untuk memblokir situs-situs pembajakan agar tidak dapat muncul di internet. Project ini muncul setelah kegagalan SOPA, rancangan undang-undang yang diprotes oleh masyarakat dan akhirnya dikubur pada awal tahun 2012. Sejak saat itu, industri perfilman melangkah mundur dan mencoba pendekatan-pendekatan lain yang lebih bersahabat, tetapi sepertinya mereka terus menerus menyerang Google, yang dianggap oleh mereka mendukung pembajakan.

Dokumen-dokumen yang dibocorkan di dunia maya menunjukkan bahwa MPAA mendorong jaksa agung negara untuk mendesak Google, mengumpulkan dana dan membangun kasus hukum terhadap Google.

"Hal yang sangat mengecewakan adalah artinya MPAA sendiri, organisasi yang dibangun dengan tujuan melindungi First Amendment dan hak artis untuk bebas berekspresi. Mengapa mereka mencoba untuk menyensor internet secara sembunyi-sembunyi?"

Sumber: The Verge & Google Public Policy