Windows 8.1 Dukung Play File Video MKV

Sebelumnya, Microsoft membuat Xbox One buatan mereka mendukung pemutaran video dengan format MKV. Sekarang perusahaan tersebut akan membawa perubahan tersebut ke Windows juga.

Mulai hari ini, Windows 8.1 mendukung format video Matroska Multimedia Container (MKV) dengan aplikasi video built-in dari Windows tersebut. Open-standard container format tersebut telah marak digunakan untuk menyediakan file-file bajakan dari film-film bioskop dan acara-acara TV.

Kemungkinan besar penyedia konten video akan terus menyediakan layanan streaming video, dibandingkan dengan memberikan pilihan untuk download file video.

Akan tetapi, dukungan native MKV dalam Windows menambahkan pilihan untuk berbagi file-file video atau audio tanpa perlu mengunduh player third-party seperti VLC.

Microsoft juga menjanjikan dukungan MKV di Windows 10 yang akan datang, bersama dengan dukungan file-file FLAC (Free Lossless Audio Codec).

Implementasi MKV di Windows 8.1 masih terbatas oleh codec sistem operasi dan dukungan subtitle, tapi mungkin saja masalah-masalah ini akan diatasi menjelang peluncuran Windows 10.

Sumber: The Verge