Menggunakan Router Pelanggan Sebagai Public Hotspot, Comcast Dituntut

Comcast tengah mengalami masalah saat ini karena perusahaan tersebut mengubah router-router penggunanya menjadi Xfinity hotspot yang dapat digunakan secara bebas oleh orang lain.

Juni tahun lalu, Comcast pernah mengumumkan bahwa perusahaan tersebut akan meluncurkan firmware router baru yang dapat mengubah gateway menjadi hotspot yang dapat diakses secara bebas; router yang sudah di update akan menyediakan 2 sinyal, satu untuk pemilik, satunya lagi adalah "xfinitywifi" SSID sinyal yang menyediakan Wi-Fi gratis untuk pengguna Comcast lain di sekitar daerah tersebut. (** ehem.. telkomspeedy @wifi.id ***)

Pengguna dapat menonaktifkan fungsi ini jika mereka tidak ingin berbagi bandwidth dengan orang yang tidak dikenalnya, tetapi fitur ini diaktifkan secara default. Penggunaan internet oleh orang lain tidak terhitung dalam usage cap pemilik router.

Akan tetapi, penonaktifkan fungsi ini tidak selalu berjalan dengan baik dan pengaturan kembali di-reset setiap kali dilakukan firmware update. Muncul sejumlah keluhan dari pelanggan karena Comcast dianggap menggunakan listrik pemilik router untuk memasarkan layanan dan menjual Wi-Fi mereka. Saat ini Comcast menghadapi masalah hukum karena berbagai alasan diatas.